Selasa, 30 April 2013

MBO Use Case Diagram



USE CASE DIAGRAM


A      PENGERTIAN
1.   Menjelaskan urutan kegiatan yang dilakukan aktor dansistem untuk mencapai tujuan tertentu
2. Gambaran fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem  
3. menekankan pada “apa” bukan “Bagaimana” yg dibuat sistem 
4. Mempresentasikan interaksi antar aktor/pelaku dengan sistem  
5.Menyatakan suatu job/pekerjaan tertentu miasal : login ke sistem,create data penjualan, 
.Tersusun dr elemen-elemen : aktor, case, dependency association, generalization 
7.Aktor merupakan suatu entitas yang berinteraksi dengan sistem untuk  melakukan suatu pekerjaan
 
Manfaat Use case
Membantu untuk :
   - Menyusun requirement (syarat-syarat) sebuah sistem
  - Mengkomunikasikan rancangan dengan klien
   - Merancang test case untuk semua feature (performance) yang ada pada sistem                               
UML Behavioral Relationship
Relationships
Symbol
Example
communicates

An actor “customer” interacts or communicates with a use case rent vehicle
Includes
<Include>
The use case “Verify credit card” and “check driver’s license” includes the common use case “Rent Vehicle”
Extends
<extends>
The use case “arrange for added insurance” extends the use case “Rent Vehicle”
Generalizes

A “Regular customer” generalizes a “Gold card Customer”

Contoh Case Diagram

Relationship
Assosiations
          Digunakan untuk menghubungkan para actor dan use case di dalam suatau diagram.
          asosiasi ini dapat dibuat / digambar dalam  dua arah, tergantung  dari kedudukan aktornya
          jika aktornya adalah sebagai aktor utama (primery actor) maka arah relasinya adalah dari actor menuju use case.
          Jika aktornya adalah sebagai aktor tambahan (secondary actor) maka arah relasinya dari use case menuju actor
Generalization
          Menunjukkan hubungan antara elemen yang lebih umum ke elemen yang lebih spesifik
          Class yang lebih spesifik (sub class) akan menurunkan atribute dan operasi dari class yeng lebih umum (superclass)
          Merupakan pemodelan dari herarki class atau konsep inheritance
          Contoh class pelanggan adalah superclass dan turunannya adalah pelanggan antar.
          Pelanggan adalah gambaran atau abstraksi pelanggan secara umum
          Pelanggan antar mengabstraksikan pelanggan yang memesan lewat telpon  dan pelanggan yang pengambilan barang melalui pengiriman. Class pelanggan ini akan memiliki atribute dan operasi yang sama dengan class pelanggan dengan tambahan atribute biaya pengiriman
Dependency :
          suatu hubungan semantik antara dua unsur-unsur modeling di dalam atau yang mana  suatu perubahan satu elemen/unsur model ( unsur yang mengalir masuk) dapat  mempengaruhi unsur modeling yang lain ( unsur yang dependent).
          Relasi antara use case satu dengan use case yang lain
          Relasi yang menunjukkan bahwa perubahan pada salah satu elemen akan memberikan pengaruh pada elemen yang lain
          Terdapat 2 stereotype : Include dan Extend
          Include menunjukkan bahwa suatu bagian dari elemen(yg ada di garis tanpa panah) memicu eksekusi bagian dari elemen lain (yg ada di garis dengan panah)
                contoh A---- > B (operasi di class A memicu dieksekusinya operasi di class B
          Extend menunjukkan bahwa suatu bagian dari elemen digaris tanpa panah bisa disisipkan ke dalam elemen yang ada di garis dengan panah
                contoh A---- > B (suatu fungsi dari use case A bisa disisipkan ke dalam use case B dengan kata lain A optional untuk B


Spesifikasi Use Case
Merupakan teks untuk menjelaskan urutan kegiatan use case tersebut: meliputi
    1. Nama Use case
    2. Diskripsi singkat (Brief Description)
    3. Aliran Normal (Basic Flow)
    4. Aliran Alternatif (Alternate Flow)
    5. Special Requirement
    6. Pre-Condition
    7. Post-Condition

USE CASE SYSTEM INFORMASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN

Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan merupakan sebuah sistem informasi untuk mengelola informasi yang diperlukan dalam suatu perpustakaan yang meliputi pendaftaran pustaka, anggota, dan proses peminjaman pustaka.  Aturan perpustakaan yang harus diatasi pada sistem informasi manajemen perpustakaan yang akan dimodelkan sebagai berikut:

1.     Pustaka dapat memiliki lebih dari satu pengarang
2.     Anggota dapat memiliki lebih dari satu nomor telepon
3.     Seorang anggota dapat melakukan sebuah peminjaman dalam satu waktu dan boleh lebih dari satu pustaka
4.     Seorang anggota dapat mengembalikan sebuah peminjaman pustaka yang dipinjam tidak dalam waktu yang bersamaan walaupun pustaka-pustaka itu dipinjam pada waktu yang sama
5.     Pengunjung yang bukan anggota tidak diperbolehkan meminjam pustaka
6.     Proses pendaftaran pustaka, anggota, dan peminjaman dilakukan oleh petugas perpustakaan
7.     Anggota dan pengunjung dapat melakukan pencarian pustak

NO
Aktor
Deskripsi
1.
Petugas
Orang yang bertugas dan memiliki hak akses untuk melakukan operasi pengelolaan data pustaka, anggota,dan proses peminjaman pustaka
2.
Anggota/pengunjung
Anggota adalah orang yang diperbolehkan meminjam pustaka sesuai dengan hak aksesnya, sedangkan pengunjung hanya memiliki hak akses melihat pustaka dan membaca di perpustakaan tanpa memiliki hak untuk meminjam pustaka

NO
Use Case
Deskripsi
1.
Memasukkan Data Pustaka
Merupakan proses memasukkan data pustaka ke dalam basis data
2.
Memasukkan data anggota
Merupakan proses memasukkan data anggota ke dalam basis data
3.
Memasukkan data peminjaman
Merupakan proses memasukkan data peminjaman ketika ada anggota yang meminjam pustaka
4.
Mencari pustaka
Mencari pustaka berdasarkan judul, nama pengarang, jenis, dank ode pustaka dimana akan menampilkan data pustaka yang dicari
Nama Use Case                   : Memasukkan data pustaka
Actor                                       : Petugas
Descripsi                               : Proses ini adalah sebuah kegiatan untuk mendaftarkan data pustaka yang baru
                                                  Ataupun mengubah data pustaka yang sudah ada
Pre – Condition                      : 1. Petugas sudah harus memiliki IDpetugas agar bisa memproses data buku
                                                     2. Petugas sudah harus berada di menu pustaka
Post – Condition                  : data informasi pustaka baru sudah tersimpan

Aksi Aktor
Reaksi Sistem
Alur Data (Basic Flow)
1.       Memasukkan data pustaka seperti judul buku, penerbit, tahun terbit,pengarang,jumlah halaman, kondisi buku di menu memasukkan pustaka

2.       Menekan tombol  “Simpan”


3.       Mengecek valid tidaknya data masukkan

4.       Jika data pustaka yang dimasukkan valid, maka data pustaka akan disimpan di database dan akan menampilkan pesan “Sukses disimpan”
Alur alternative No 4
Jika data pustaka yang dimasukkan tidak valid, maka akan menampilkan pesan “tidak sukses disimpan”
Alur alternative untuk memperbaharui data pustaka
                                         Aksi Aktor
Reaksi Sistem
1.       memasukkan judul buku atau IDBuku

2.       menekan tombol “Cari”


3.       Menampilkan informasi buku yang terdiri dari judul buku, penerbit, tahun terbit, pengarang, jumlah halaman, kondisi buku, letak buku
4.       Memperbaharui data.  Beberapa pilihan data yang dapat diperbaharui diantaranya judul buku, penerbit, tahun terbit, pengarang, jumlah halaman, kondisi buku, letak buku

5.       Menekan tombol “Simpan”


6.       Mengecek valid tidaknya data yang diperbaharui

7.       Jika data yang dimasukkan valid, maka data pustaka yang baru akan disimpan di database dan menampilkan pesan “ Sukses disimpan”
Alur alternative No 7
Jika data pustaka yang dimasukkan tidak valid, maka akan menampilkan pesan “ Tidak sukses disimpan”

Alur alternative untuk menghilangkan data pustaka
Aksi Aktor
Reaksi Sistem
1.       Memasukkan judul buku atau ID buku

2.       Menekan tombol “Cari”


3.       Menampilkan informasi buku yang terdiri dari judul buku, penerbit, tahun terbit, pengarang, jumlah halaman, kondisi buku, letak buku
4.       Menekan tombol “Hapus”


5.       Menampilkan pesan “Yakin akan dihapus?”

6.       Jika jawaban pesan adalah “Ya”, maka data pustaka ID buku yang dicari akan dihapus dari database
Alur alternative NO 6
Jika jawaban pesan adalah “Tidak”, maka akan ditampilkan menu pustaka
Nama Use Case                : Memasukkan data Anggota
Actor                                     : Petugas
Descripsi                              : Proses ini adalah sebuah kegiatan untuk mendaftarkan data anggota yang baru
                                                  Ataupun mengubah data anggota yang sudah ada
Pre – Condition                 : 1. Petugas sudah harus memiliki IDpetugas agar bisa memproses data buku baru
                                                 2. Petugas sudah harus berada di menu memasukkan data anggota
Post – Condition               : data informasi anggota baru sudah tersimpan
Aksi Aktor
Reaksi Sistem
Alur Data (Basic Flow)
1.       Memasukkan data anggota seperti Nama, No telepon, Alamat, E-mail

2.       Menekan tombol  “Simpan”


3.       Mengecek valid tidaknya data masukkan

4.       Jika data anggota valid, maka data tersebut disimpan didatabase dan akan menampilkan pesan “Data anggota sudah disimpan”
Alur alternative No 4
Jika data anggota tidak valid, maka sistem akan menampilkan pesan “Data tidak valid

Alur alternative untuk memperbaharui data pustaka
                                         Aksi Aktor
Reaksi Sistem
1.       memasukkan Nama anggota perpustakaan

2.       menekan tombol “Cari”


3.       Menampilkan informasi anggota perpustakaan seperti nama, no telepon, alamat, e-mail
4.       Memperbaharui data.  Beberapa pilihan data yang dapat diperbaharui diantaranya nama, no telepon, alamat, e-mail

5.       Menekan tombol “Simpan”


6.       Mengecek valid tidaknya data yang diperbaharui

7.       Jika data yang dimasukkan valid, maka data anggota yang baru akan disimpan di database dan menampilkan pesan “Sukses disimpan”
Alur alternative No 7
Jika data anggota yang diperbaharui tidak valid, maka akan menampilkan pesan “Tidak sukses disimpan”

Alur alternative untuk menghilangkan data pustaka
Aksi Aktor
Reaksi Sistem
1.       Memasukkan nama anggota perpustakaan

2.       Menekan tombol “Cari”


3.       Menampilkan informasi anggota perpustakaan seperti nama, no telepon, alamat, e-mail
4.       Menekan tombol “Hapus”


5.       Menampilkan pesan “Yakin akan dihapus?”

6.       Jika jawaban pesan adalah “Ya”, maka data anggota yang dicari akan dihapus dari database
Alur alternative NO 6
Jika jawaban pesan adalah “Tidak”, maka akan ditampilkan menu anggota

Nama Use Case                : Memasukkan data peminjaman
Actor                                     : Petugas
Descripsi                              : Proses ini adalah sebuah kegiatan untuk memasukkan data buku yang dipinjam
                                                  Oleh anggota perpustakaan
Pre – Condition                 : 1. Petugas sudah harus memiliki IDpetugas agar bisa memproses data buku baru
                                                  2. Petugas sudah harus berada di menu memasukkan data anggota
Post – Condition               : data informasi anggota baru sudah tersimpan
Aksi Aktor
Reaksi Sistem
Alur dasar (basis flow)
1.       Memasukkan data peminjaman diantaranya yaitu nama anggota perpustakaan, judul buku, tanggal peminjaman, tanggal pengembalian


2.       Mengecek valid tidaknya data peminjaman

3.       Jika data peminjaman valid, maka akan disimpan kedatabase dan menampilkan pesan “Sudah disimpan”
Alur altenatif No 3
Jika data peminjaman tidak valid, maka sistem akan menampilkan pesan “Data tidak valid”

Alur alternative untuk mengubah data peminjaman
Aksi Aktor
Reaksi Sistem
1.       Memasukkan nama anggota perpustakaan

2.       Menekan tombol “Cari”


3.       Menampilkan pustaka yang dipinjam oleh anggota perpustakaan
4.       Memilih data pustaka yang akan diubah berdasarkan judul buku


5.       Menampilkan data peminjaman yang dicari
6.       Mengubah data peminjaman yang meliputi judul buku, tanggal peminjaman, tanggal pengembalian, status peminjaman.

7.       Menekan tombol “Simpan”


8.       Mengecek valid tidaknya data masukkan

9.       Jika data peminjaman valid , maka akan disimpan di database dan menampilkan pesan “ Data disimpan”
Alternative No 9
Jika data peminjaman tidak valid, maka akan menampilkan pesan “ data tidak bisa disimpan”

Nama Use Case                : Mencari Pustaka
Actor                                     : Anggota/Pengunjung
Descripsi                              : Proses ini adalah sebuah kegiatan untuk pustaka sesuaidengan kriteria tertentu
Pre – Condition                 : 1. Anggota perpustakaan sudah berada di menu pencarian                                       
Post – Condition               : Data pustaka ditemukan

Aksi Aktor
Reaksi Sistem
1.       Memasukkan kriteria pencarian berdasarkan judul pustaka atau pengarang atau kategori pustaka

2.       Menekan tombol “Cari”


3.       Jika data pustaka ada, maka akan menampilkan data pustaka yang dicari
Alur alternative No 3
Jika data pustaka tidak ditemukan, maka akan menampilkan pesan “pustaka yang dicari tidak ada"

daftarpusaka : http//www.radenmas.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar