USE
CASE DIAGRAM
A PENGERTIAN
1.
Menjelaskan
urutan kegiatan yang dilakukan aktor dansistem
untuk mencapai tujuan tertentu2. Gambaran fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem
3. menekankan pada “apa” bukan “Bagaimana” yg dibuat sistem
4. Mempresentasikan interaksi antar aktor/pelaku dengan sistem
5.Menyatakan suatu job/pekerjaan tertentu miasal : login ke sistem,create data penjualan,
.Tersusun dr elemen-elemen : aktor, case, dependency association, generalization
7.Aktor merupakan suatu entitas yang berinteraksi dengan sistem untuk melakukan suatu pekerjaan
Manfaat Use case
Membantu untuk :
- Menyusun requirement (syarat-syarat) sebuah
sistem
- Mengkomunikasikan rancangan
dengan klien
- Merancang test case untuk semua feature (performance) yang ada pada sistem
UML Behavioral Relationship
Relationships
|
Symbol
|
Example
|
communicates
|
An actor “customer” interacts
or communicates with a use case rent vehicle
|
|
Includes
|
<Include>
|
The use case “Verify credit
card” and “check driver’s license” includes the common use case “Rent
Vehicle”
|
Extends
|
<extends>
|
The
use case “arrange for added insurance” extends the use case “Rent Vehicle”
|
Generalizes
|
A
“Regular customer” generalizes a “Gold card Customer”
|
Relationship
Assosiations
•
Digunakan
untuk menghubungkan para actor dan use case di dalam suatau
diagram.
•
asosiasi
ini dapat dibuat / digambar dalam dua
arah, tergantung dari kedudukan aktornya
•
jika
aktornya adalah sebagai aktor utama (primery actor) maka arah relasinya adalah
dari actor menuju use case.
•
Jika
aktornya adalah sebagai aktor tambahan (secondary actor) maka arah
relasinya dari use case menuju actor
Generalization
•
Menunjukkan
hubungan antara elemen yang lebih umum ke elemen yang lebih spesifik
•
Class
yang lebih spesifik (sub class) akan menurunkan atribute dan operasi dari class
yeng lebih umum (superclass)
•
Merupakan
pemodelan dari herarki class atau konsep inheritance
•
Contoh
class pelanggan adalah superclass dan turunannya adalah pelanggan antar.
•
Pelanggan
adalah gambaran atau abstraksi pelanggan secara umum
•
Pelanggan
antar mengabstraksikan pelanggan yang memesan lewat telpon dan pelanggan yang pengambilan barang melalui
pengiriman. Class pelanggan ini akan memiliki atribute dan operasi yang sama
dengan class pelanggan dengan tambahan atribute biaya pengiriman
Dependency
:
•
suatu
hubungan semantik antara dua unsur-unsur modeling di dalam atau yang mana suatu perubahan satu elemen/unsur model (
unsur yang mengalir masuk) dapat
mempengaruhi unsur modeling yang lain ( unsur yang dependent).
•
Relasi
antara use case satu dengan use case yang lain
•
Relasi
yang menunjukkan bahwa perubahan pada salah satu elemen akan memberikan
pengaruh pada elemen yang lain
•
Terdapat
2 stereotype : Include dan Extend
•
Include
menunjukkan bahwa suatu bagian dari elemen(yg ada di garis tanpa panah) memicu
eksekusi bagian dari elemen lain (yg ada di garis dengan panah)
contoh
A---- > B (operasi di class A memicu dieksekusinya operasi di class B
•
Extend
menunjukkan bahwa suatu bagian dari elemen digaris tanpa panah bisa disisipkan
ke dalam elemen yang ada di garis dengan panah
contoh A---- > B (suatu fungsi dari use case A bisa disisipkan
ke dalam use case B dengan kata lain A optional untuk B
Spesifikasi Use Case
Merupakan
teks untuk menjelaskan urutan kegiatan use case tersebut: meliputi
- Nama Use case
- Diskripsi singkat (Brief Description)
- Aliran Normal (Basic Flow)
- Aliran Alternatif (Alternate Flow)
- Special Requirement
- Pre-Condition
- Post-Condition
USE
CASE SYSTEM INFORMASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN
Sistem
Informasi Manajemen Perpustakaan merupakan sebuah sistem informasi untuk
mengelola informasi yang diperlukan dalam suatu perpustakaan yang meliputi
pendaftaran pustaka, anggota, dan proses peminjaman pustaka. Aturan
perpustakaan yang harus diatasi pada sistem informasi manajemen perpustakaan
yang akan dimodelkan sebagai berikut:
1.
Pustaka dapat
memiliki lebih dari satu pengarang
2.
Anggota dapat memiliki
lebih dari satu nomor telepon
3.
Seorang anggota dapat
melakukan sebuah peminjaman dalam satu waktu dan boleh lebih dari satu pustaka
4.
Seorang anggota dapat
mengembalikan sebuah peminjaman pustaka yang dipinjam tidak dalam waktu yang
bersamaan walaupun pustaka-pustaka itu dipinjam pada waktu yang sama
5.
Pengunjung yang bukan
anggota tidak diperbolehkan meminjam pustaka
6.
Proses pendaftaran
pustaka, anggota, dan peminjaman dilakukan oleh petugas perpustakaan
NO
|
Aktor
|
Deskripsi
|
1.
|
Petugas
|
Orang yang bertugas dan memiliki hak
akses untuk melakukan operasi pengelolaan data pustaka, anggota,dan proses
peminjaman pustaka
|
2.
|
Anggota/pengunjung
|
Anggota adalah orang yang diperbolehkan
meminjam pustaka sesuai dengan hak aksesnya, sedangkan pengunjung hanya
memiliki hak akses melihat pustaka dan membaca di perpustakaan tanpa memiliki
hak untuk meminjam pustaka
|
NO
|
Use Case
|
Deskripsi
|
1.
|
Memasukkan Data Pustaka
|
Merupakan proses memasukkan data
pustaka ke dalam basis data
|
2.
|
Memasukkan data anggota
|
Merupakan proses memasukkan data
anggota ke dalam basis data
|
3.
|
Memasukkan data peminjaman
|
Merupakan proses memasukkan data
peminjaman ketika ada anggota yang meminjam pustaka
|
4.
|
Mencari pustaka
|
Mencari pustaka berdasarkan judul,
nama pengarang, jenis, dank ode pustaka dimana akan menampilkan data pustaka
yang dicari
|
Nama
Use
Case
:
Memasukkan data pustaka
Actor
: Petugas
Descripsi : Proses ini adalah sebuah kegiatan untuk
mendaftarkan data pustaka yang baru
Ataupun mengubah data pustaka yang sudah ada
Pre
–
Condition : 1. Petugas sudah harus memiliki
IDpetugas agar bisa memproses data buku
2.
Petugas sudah harus berada di menu pustaka
Post
–
Condition : data informasi pustaka baru sudah
tersimpan
Aksi Aktor
|
Reaksi Sistem
|
Alur Data (Basic
Flow)
|
|
1.
Memasukkan data pustaka seperti judul buku, penerbit, tahun
terbit,pengarang,jumlah halaman, kondisi buku di menu memasukkan pustaka
|
|
2.
Menekan tombol “Simpan”
|
|
3.
Mengecek valid tidaknya data masukkan
|
|
4.
Jika data pustaka yang dimasukkan valid, maka data pustaka akan disimpan di
database dan akan menampilkan pesan “Sukses disimpan”
|
|
Alur alternative No
4
Jika data pustaka
yang dimasukkan tidak valid, maka akan menampilkan pesan “tidak sukses
disimpan”
|
|
Alur alternative
untuk memperbaharui data pustaka
|
|
Aksi Aktor
|
Reaksi Sistem
|
1.
memasukkan judul buku atau IDBuku
|
|
2.
menekan tombol “Cari”
|
|
3.
Menampilkan informasi buku yang terdiri dari judul buku, penerbit, tahun
terbit, pengarang, jumlah halaman, kondisi buku, letak buku
|
|
4.
Memperbaharui data. Beberapa pilihan data yang dapat diperbaharui
diantaranya judul buku, penerbit, tahun terbit, pengarang, jumlah halaman,
kondisi buku, letak buku
|
|
5.
Menekan tombol “Simpan”
|
|
6.
Mengecek valid tidaknya data yang diperbaharui
|
|
7.
Jika data yang dimasukkan valid, maka data pustaka yang baru akan disimpan di
database dan menampilkan pesan “ Sukses disimpan”
|
|
Alur alternative No
7
Jika data pustaka
yang dimasukkan tidak valid, maka akan menampilkan pesan “ Tidak sukses
disimpan”
|
Alur
alternative untuk menghilangkan data pustaka
|
|
Aksi
Aktor
|
Reaksi
Sistem
|
1.
Memasukkan judul buku atau ID buku
|
|
2.
Menekan tombol “Cari”
|
|
3.
Menampilkan informasi buku yang terdiri dari judul buku, penerbit, tahun
terbit, pengarang, jumlah halaman, kondisi buku, letak buku
|
|
4.
Menekan tombol “Hapus”
|
|
5.
Menampilkan pesan “Yakin akan dihapus?”
|
|
6.
Jika jawaban pesan adalah “Ya”, maka data pustaka ID buku yang dicari akan
dihapus dari database
|
|
Alur
alternative NO 6
Jika
jawaban pesan adalah “Tidak”, maka akan ditampilkan menu pustaka
|
Nama
Use
Case
: Memasukkan data Anggota
Actor
: Petugas
Descripsi
: Proses ini adalah sebuah kegiatan untuk mendaftarkan data anggota yang baru
Ataupun mengubah data anggota yang sudah ada
Pre
–
Condition
: 1. Petugas sudah harus memiliki IDpetugas agar bisa memproses data buku baru
2. Petugas sudah harus berada di menu memasukkan data anggota
Post
– Condition
: data informasi anggota baru sudah tersimpan
Aksi Aktor
|
Reaksi Sistem
|
Alur Data (Basic
Flow)
|
|
1.
Memasukkan data anggota seperti Nama, No telepon, Alamat, E-mail
|
|
2.
Menekan tombol “Simpan”
|
|
3.
Mengecek valid tidaknya data masukkan
|
|
4.
Jika data anggota valid, maka data tersebut disimpan didatabase dan akan
menampilkan pesan “Data anggota sudah disimpan”
|
|
Alur alternative No
4
Jika data anggota
tidak valid, maka sistem akan menampilkan pesan “Data tidak valid
|
Alur alternative
untuk memperbaharui data pustaka
|
|
Aksi Aktor
|
Reaksi Sistem
|
1.
memasukkan Nama anggota perpustakaan
|
|
2.
menekan tombol “Cari”
|
|
3.
Menampilkan informasi anggota perpustakaan seperti nama, no telepon, alamat,
e-mail
|
|
4.
Memperbaharui data. Beberapa pilihan data yang dapat diperbaharui
diantaranya nama, no telepon, alamat, e-mail
|
|
5.
Menekan tombol “Simpan”
|
|
6.
Mengecek valid tidaknya data yang diperbaharui
|
|
7.
Jika data yang dimasukkan valid, maka data anggota yang baru akan disimpan di
database dan menampilkan pesan “Sukses disimpan”
|
|
Alur alternative No
7
Jika data anggota
yang diperbaharui tidak valid, maka akan menampilkan pesan “Tidak sukses
disimpan”
|
Alur alternative
untuk menghilangkan data pustaka
|
|
Aksi Aktor
|
Reaksi Sistem
|
1.
Memasukkan nama anggota perpustakaan
|
|
2.
Menekan tombol “Cari”
|
|
3.
Menampilkan informasi anggota perpustakaan seperti nama, no telepon, alamat, e-mail
|
|
4.
Menekan tombol “Hapus”
|
|
5.
Menampilkan pesan “Yakin akan dihapus?”
|
|
6.
Jika jawaban pesan adalah “Ya”, maka data anggota yang dicari akan dihapus
dari database
|
|
Alur alternative NO
6
Jika jawaban pesan
adalah “Tidak”, maka akan ditampilkan menu anggota
|
Nama
Use
Case
: Memasukkan data peminjaman
Actor
: Petugas
Descripsi
: Proses ini adalah sebuah kegiatan untuk memasukkan data buku yang dipinjam
Oleh anggota perpustakaan
Pre
–
Condition
: 1. Petugas sudah harus memiliki IDpetugas agar bisa memproses data buku baru
2. Petugas sudah harus berada di menu memasukkan data anggota
Post
–
Condition
: data informasi anggota baru sudah tersimpan
Aksi Aktor
|
Reaksi Sistem
|
Alur dasar (basis
flow)
|
|
1.
Memasukkan data peminjaman diantaranya yaitu nama anggota perpustakaan, judul
buku, tanggal peminjaman, tanggal pengembalian
|
|
2.
Mengecek valid tidaknya data peminjaman
|
|
3.
Jika data peminjaman valid, maka akan disimpan kedatabase dan menampilkan
pesan “Sudah disimpan”
|
|
Alur altenatif No 3
Jika data
peminjaman tidak valid, maka sistem akan menampilkan pesan “Data tidak valid”
|
Alur alternative
untuk mengubah data peminjaman
|
|
Aksi Aktor
|
Reaksi Sistem
|
1.
Memasukkan nama anggota perpustakaan
|
|
2.
Menekan tombol “Cari”
|
|
3.
Menampilkan pustaka yang dipinjam oleh anggota perpustakaan
|
|
4.
Memilih data pustaka yang akan diubah berdasarkan judul buku
|
|
5.
Menampilkan data peminjaman yang dicari
|
|
6.
Mengubah data peminjaman yang meliputi judul buku, tanggal peminjaman,
tanggal pengembalian, status peminjaman.
|
|
7.
Menekan tombol “Simpan”
|
|
8.
Mengecek valid tidaknya data masukkan
|
|
9.
Jika data peminjaman valid , maka akan disimpan di database dan menampilkan
pesan “ Data disimpan”
|
|
Alternative No 9
Jika data
peminjaman tidak valid, maka akan menampilkan pesan “ data tidak bisa
disimpan”
|
Actor
: Anggota/Pengunjung
Descripsi
: Proses ini adalah sebuah kegiatan untuk pustaka sesuaidengan kriteria
tertentu
Pre
–
Condition
: 1. Anggota perpustakaan sudah berada di menu pencarian
Post
–
Condition
: Data pustaka ditemukan
Aksi Aktor
|
Reaksi Sistem
|
1.
Memasukkan kriteria pencarian berdasarkan judul pustaka atau pengarang atau
kategori pustaka
|
|
2.
Menekan tombol “Cari”
|
|
3.
Jika data pustaka ada, maka akan menampilkan data pustaka yang dicari
|
|
Alur alternative No
3
Jika data pustaka
tidak ditemukan, maka akan menampilkan pesan “pustaka yang dicari tidak
ada"
|
daftarpusaka : http//www.radenmas.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar